A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

RELAWAN SMPN 1 AMBAL PEDULI KESEHATAN SESAMA | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

RELAWAN SMPN 1 AMBAL PEDULI KESEHATAN SESAMA

Kamis, 08 Februari 2024 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 79 Kali

Kesehatan sangat penting bagi siapa pun karena dengan modal inilah kita dapat melakukan aktifitas keseharian dengan baik.  Dalam kondisi kurang sehat, orang dapat saja beraktifitas, namun tentu hasilnya kurang maksimal.  Begitu pentingnya nilai sehat oleh karena itu orang berani membayar mahal untuk mendapatkannya.

            Atas dasar kesadaran, niat yang tulus dan sikap peduli  dengan kesehatan sesama, baru-baru ini relawan SMPN 1 Ambal, melaksanakans serangkaian kegiatan bersama Puskesmas Ambal 1 untuk memfasilitasi kesehatan warga sekolah khususnya siswa.  Selengkapnya kegiatan tersebut sebagai berikut :

  1. Kegiatan skrining kesehatan untuk siswa kelas VII pada Hari Selasa tgl 24 Oktober 2023. Untuk siswa kelas VII, kondisi kesehatan yang diperiksa ada 10 macam, lebih banyak daripada kelas VIII maupun IX. Oleh karena itu pada kegiatan tersebut kelas VII mendapat prioritas layanan. Pemeriksaan meliputi: ukur tinggi dan berat badan, lingkar lengan atas, cek mata, tensi, kuku, telinga, mulut termasuk gigi, kadar hemoglobin (khusus siswa putri) serta perilaku merokok siswa putra.
  2. Skrining kelas VIII dilaksanakan pada Hari Kamis tgl 11 Januari 2024. Kesehatan yang diperiksa yaitu ukur tinggi dan berat badan, lingkar lengan atas, cek mata, tensi, kuku, telinga, mulut termasuk gigi dan perilaku merokok untuk siswa putra.
  3. Sedangkan skrining kelas IX dilaksanakan pada Hari Kamis tgl 18 Januari 2024 dengan pemeriksaan ukur tinggi dan berat badan, lingkar lengan atas, cek mata, tensi, kuku, telinga, mulut termasuk gigi dan perilaku merokok.

Secara keseluruhan hasil skrining adalah sebagai berikut :

  • Beberapa siswa baik kelas VII, VIII maupun IX ada yang tidak mengikuti skrining kesehatan karena sedang ada kepentingan keluarga (ijin) dan ada pula yang sakit.
  • Beberapa siswa kelas VII dan VIII serumen telinga perlu dibersihkan dan tindak lanjutnya yaitu agar periksa kembali ke Puskesmas Ambal 1 untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan, demikian juga untuk yang gangguan gigi. Karena sering mengkonsumsi makanan yang manis dan kurang memperhatikan kesehatan, gigi siswa ada yang berlubang, perlu ditambal.  Dari pemeriksaan mata beberapa siswa mengalami gangguan dan tindak lanjut berikutnya dilakukan pengobatan, ada juga yang disarankan untuk menggunakan kacamata.

  • Beberapa siswa ada yang pernah atau sudah mengkonsumsi rokok, karena faktor lingkungan pergaulan maupun keluarga
  • Beberapa siswa terdeteksi mengalami gangguan seperti mata, telinga, gigi, kulit, indikasi anemia (siswa putri). Hasil skrining kesehatan ini dikonfirmasikan pada siswa oleh Guru Pembimbing atau Bimbingan Konseling melalui layanan bimbingan kelompok dan konseling (individu atau kelompok) serta walisiswa di Paguyuban Kelas berkolaborasi dengan walikelas.  Dengan harapan siswa yang mengalami gangguan kesehatan segera mendapatkan tindak lanjut sehingga dapat dicegah kemungkinan lebih serius, yang pada akhirnya aktifitas kesehariannya tidak ada hambatan termasuk dalam belajar.

  • Beberapa siswa putri kadar Hemoglobinnya rendah (kurang dari 12).Siswa putri yang ada indikasi mengalami anemia (kadar Hemoglobine kurang dari 12), dilakukan edukasi tentang pentingnya Tablet Tambah darah bagi mereka. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Guru BK melalui bimbingan kelompok dan pihak Puskesmas Ambal 1.  Pada kesempatan edukasi juga dibuka kesempatan tanya jawab sehingga diharapkan siswa putri semakin menyadari pentingnya konsumsi Tablet Tambah Darah secara rutin di samping menjaga pola makan yang seimbang. 

  1. Pembagian dan minum Tablet Tambah Darah (TTD)

Sebagai salah satu upaya mencegah anemia pada siswa putri secara rutin, relawan membagikan tablet tambah darah.   Tablet tambah darah sangat penting untuk siswa putri diantaranya yaitu meminimalisir potensi anemia yang dapat berakibat terhadap kesehatan dan prestasi belajar di sekolah.  Dalam jangka panjang tablet tambah darah digunakan untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu sehingga tidak terjadi kelahiran yang stunting.  Jika bayi yang lahir sehat berarti juga menyiapkan generasi penerus yang kuat dan memiliki daya saing yang tinggi.

  1. Kegiatan rutin lain yang dilakukan relawan sebagai bentuk kepedulian pada sesama yaitu menjadi petugas jaga kesehatan yang berdiri di belakang barisan saat upacara bendera di Hari Senin maupun hari-hari besar nasional.  Dalam kesehariannya relawan juga bertugas membersihkan UKS dan membantu siswa yang sakit secara bergantian sesuai jadwal piketnya.

Demikian beberapa tugas yang dilakukan relawan SMPN 1 Ambal di sekolah.  Tugas-tugas ini diemban dalam usaha menerapkan Tri Bhakti dan Tujuh Prinsip PMR sebagai wujud ikut menyukseskan program pemerintah di bidang kesehatan pada sekolah yaitu  meningkatkan pendidikan kesehatan di sekolah (UKS) karena semua warga sekolah   harus memikirkan derajat kesehatannya dan menjadi agen perubahan.

Terimakasih kepada relawan yang sudah membantu hingga lancarnya kegiatan : Adrian, Hendri, Nori, Tiara, Putri 8A, Gisela, Auliya, Wahyu, Wildan, Olivia, Aini, Rehan, Putri 7C, Vikanisa, Irfai, Zahra, Lorita, Safira, Tutut dan relawan lain yang sudah merelakan waktu, tenaga dan pikirannya untuk kemanusiaan.

 

           

                                                                                                 

***********By: Munkhayati **********

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT