A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

GIAT RELIGI DI BULAN RAMADAN 2024 | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

GIAT RELIGI DI BULAN RAMADAN 2024

Rabu, 24 April 2024 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 35 Kali

 

           Setelah kegiatan tradisi saling bermaafan pada Sabtu 9 Maret, warga SMPN 1 Ambal mulai  melaksanakan ibadah puasa ramadan 1445H hari Selasa 12 Maret 2024.  Selama Bulan Ramadan SMPN 1 Ambal mengadakan beberapa kegiatan religi yang menyasar pada siswa dan guru/karyawan, dengan harapan semakin meningkatnya keimanan warga sekolah.  Pendampingan kegiatan selain oleh guru juga melibatkan pihak dari luar seperti KUA Kecamatan Ambal, Polsek dan Koramil.

            Berikut ini rangkaian giat religi Bulan Ramadan 1445H di SMPN 1 Ambal:

  1. Pembiasaan Tadarus dan Sholat Dhuha bagi siwa, guru dan karyawan yang didampingi oleh Bp. H.Rohadi, S.Pd, Bp. H.Akhmadi, S.Ag dan Bp. Fakih F., S.Pd.I
  2. Selasa 19 Maret 2024 bagi kelas VII dan Guru Pendamping Sholat Dhuha, Mengaji Kitab Safinatun Najat, Sholat Dhuhur di Masjid Al Mustofa Ambalresmi dengan pendamping petugas dari FKPAI KUA Kecamatan Ambal
  3. Selasa 26 Maret 2024 bagi kelas VIII dan Guru Pendamping Sholat Dhuha, Mengaji Kitab Safinatun Najat, Sholat Dhuhur di Masjid Al Mustofa Ambalresmi dengan pendamping petugas dari FKPAI KUA Kecamatan Ambal
  4. Kamis 21 Maret 2024 bagi siswa kelas VII, VIII dan IX pukul 09.00 sd 11.30 WIB adalah kegiatan Mujahadah Asmaul Husna di Masjid Al Mustofa yang dilanjutkan dengan penyuluhan dengan materi yaitu:
  5. Raih Kebahagiaan dengan Ilmu, Jadilah Pribadi yang Peduli dan Tebarkan Kasih sebagai narasumber dari FKPAI Kecamatan Ambal (Ibu Siti Ma`rifah, S.Ag)
  6. Kamtibmas dan Kenakalan Remaja (Narasumber dari Polsek Ambal) 
  7. Cinta Tanah Air dan PPBN (Narasumber dari Koramil Kecamatan Ambal)
  8. Senin 1 April 2024 dengan mengambil tempat di GOR sekolah, mengadakan kegiatan Peringatan Nuzulul Quràn untuk semua warga sekolah (narasumber Bp.Ky.M. Najibuz Zuhad, S.Sy dari KUA Kecamatan Ambal).  Adapun Peringatan Nuzulul Qur`an kali ini  mengangkat tema “Menggapai Rahmat dan Maghfiroh untuk Generasi Muda Islam.”  Pada peringatan itu Bp. Ky. Najibuz Zuhad menyampaikan materi yang berkaitan dengan tema secara interaktif  tidak lupa memberikan tantangan untuk siswa berupa hafalan surat dalam  Al Qur’an dan doa.
  9. Selasa 2 April 2024 latihan persiapan kegiatan Gebyar Ramadan, dilaksanakan di masing-masing kelas dengan pendampingan walikelas. Gebyar Ramadan diisi dengan kegiatan lomba-lomba seperti Tartil, ceramah, poster, kaligrafi Islami dan Hadroh.  Lomba ini ada yang bersifat individual (perwakilan tiap kelas putra dan putri) namun ada juga yang dilaksanakan berkelompok (Hadroh).  Khusus Hadroh untuk kelas VII setiap kelas satu kelompok sedangkan kelas VIII dan IX dilaksanakan secara kelompok dan boleh lintas kelas namun masih dalam paralel kelas yang sama.
  10. Rabu 3 April 2024 pelaksanaan Gebyar Ramadan yaitu dengan lomba-lomba : Tartil (putra sebagai juri Bp.H.Rohadi, S.Pd berada di ruang lab.TIK.1 dan peserta putri oleh Bp. Fakih F., S.Pd.I di ruang kelas IXF). Lomba ceramah Islami putra berada di mushola dengan juri Bp. Yanto Puryudhaka, S.Pd sedangka peserta putri dengan ibu Susanti, S.Pd di Gazebo sekolah.  Untuk lomba poster Ramadan putra  menempati ruang kelas VIIG dan putri di kelas VIIH bersama dewan juri Ibu Titi Sulastri, S.Pd, Ibu Munkhayati, S.Si, Ibu Evi Rifangatul H., S.Pd, sedangkan tema yang diangkat yaitu “Semangat Ramadan sebagai Koreksi Diri Saling Kasih Tanpa Bully”).  Lomba kaligrafi Islami menempati ruang kelas VIIIH dan sebagai juri Ibu Sriyati, S.Pd.
  11. Kamis 4 April 2024 pukul 07.30 sd 12.00 WIB di sekolah adalah kegiatan lomba Hadroh putra dan putri, sedangkan sorenya (pukul 15.30 sd 17.00 WIB) kegiatan Ramadan Berbagi berupa pembagian takjil untuk siswa yatim/piatu/yatimpiatu/dhuafa serta masyarakat sekitar termasuk kaum jompo dan disabilitas.
  12. Jumat 5 April 2024 pukul 07.30 sd 12.00 WIB kegiatan pengumpulan zakat oleh UPZ dan OSIS bertempat di Mushola Nurul Tholibin SMPN 1 Ambal 
  13. Sabtu 6 April 2024 pukul 07.30 sd 12.00 WIB pembagian/pendistribusian zakat fitrah oleh UPZ dan OSIS kepada siswa yatim/piatu/yatimpiatu dan dhuafa serta masyarakat sekitar.  Selain pembagian zakat juga dilakukan pembagian hadiah kegiatan lomba-lomba  pada Gebyar Ramadan.

Demikian kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan SMPN 1 Ambal selama Bulan Ramadan yang diharapkan mampu meningkatkan keimanan warganya.  Meskipun siang hari dalam kondisi puasa tetap mengikuti pembelajaran dan sekaligus kegiatan yang bersifat keagamaan.

                                                                                     

***********By: Munkhayati **********

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT