A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

RELAWAN SMP NEGERI 1 AMBAL ANTUSIAS SUKSESKAN VAKSINASI-2 | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

RELAWAN SMP NEGERI 1 AMBAL ANTUSIAS SUKSESKAN VAKSINASI-2

Senin, 13 Desember 2021 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 207 Kali

Ambal, Senin tanggal  6 Desember 2021 melaksanakan vaksinasi-2.

Setelah selesai mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil TP.2021/2022 dari tanggal 29 November hingga 4 Desember 2021, peserta didik SMP Negeri 1 Ambal, bertempat di GOR hari Senin tanggal  6 Desember 2021 melaksanakan vaksinasi-2.  Sebenarnya genap 3 minggunya untuk jadwal vaksinasi-2 adalah tanggal 3 Desember, namun karena di waktu itu masih berlangsung PAS maka pihak puskesmas Ambal 1 selaku pelaksana memberikan solusi agar diundur setelah PAS selesai.  Jenis vaksin yang diberikan Pfizer, untuk jarak pemberian vaksinasi-1 ke vaksinasi-2 minimal 3 minggu atau boleh lebih.

            Seperti saat pelaksanaan vaksinasi-1, masih ada ada beberapa peserta didik yang tidak dapat mengikuti vaksinasi-2.  Adapun alasannya antara lain, belum waktunya untuk vaksin-2 karena vaksin-1 dilakukan mandiri di puskesmas, sedang sakit, belum cukup umur belum genap 12 tahun dan hanya 1 peserta didik yang alasan KK masih bermasalah.  Berbeda dengan vaksinasi-1 dimana ada beberapa peserta didik yang bermasalah dalam KK atau NIK tetapi vaksinasi-2 hanya 1 yang mengalaminya.   Hal ini membuktikan adanya gerak cepat yang saling keterkaitan, pihak sekolah, keluarga/walimurid, capil, maupun dinas kesehatan.  Seperti yang pernah diungkapkan oleh Ketua Tim vaksinasi SMP Negeri 1 Ambal, Bp. Sapto Sugeng Riyanto, S.Pd. pada saat vaksinasi-1, Jumat 12 November 2021 lalu. Ditambahkan juga oleh Kepala SMP Negeri 1 Ambal,  Dra. Murilah, S.Pd, 

“Kami akan kawal terus peserta didik hingga bisa vaksin semua, karena kondisi kesehatan menjadi prioritas bagi kami dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi ini.”

            Segenap relawan yang tergabung dalam PMR SMP Negeri 1 Ambal antusias mensukseskan kegiatan vaksinasi-2.  Antusias ini terlihat dari banyaknya relawan yang mendaftar untuk bertugas baik kelas VII, VIII maupun IX.  Bahkan ada relawan kelas 7 yang tanpa ragu menyatakan siap bertugas yaitu Hendri dari kelas VII H dan Chika Nori kelas VII B. Beberapa ada yang merasa kecewa tidak dapat ikut andil di kegiatan vaksinasi, karena yang bertugas memang dibatasi yaitu 13 relawan  terbagi dalam shift pagi ( pukul 08.00 sd 10.00 WIB) ada 7 sedangkan sisanya di shift siang (pukul 10.00 WIB sd selesai).  Relawan yang bertugas terbagi dalam 2 shift dengan pertimbangan, tidak lelah karena mereka juga barusaja vaksinasi.  Pertimbangan yang lain yaitu dengan 2 shift maka jumlah relawan yang dapat berpartisipasi di kegiatan lebih banyak, ini menjadi pengalaman yang cukup berarti dan latihan mental terjun langsung pada kegiatan sosial kemanusiaan. 

“Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada tim PMR yang sudah secara ikhlas dan nyata membantu kegiatan vaksinasi-2. Ini menjadi salah satu bukti bahwa kalian menerapkan jiwa kepalangmerahan  “jiwa siamo” siap menolong orang,”tandas Dra. Murilah, S.Pd di depan  relawan yang sedang bertugas.

            Pada kegiatan vaksinasi kali ini, emosi peserta didik sudah lebih terkontrol dibandingkan vaksin sebelumnya.  Kalaupun ada kepanikan hanya sebatas rasa deg-degan atau keringat dingin keluar.  Petugas dari danramil dan polsek juga terlihat lebih santai memantau kegiatan vaksinasi, sambil sesekali memberikan senyum dan semangat pada peserta didik yang sedang menunggu giliran.  Alur kegiatan vaksinasi-2 yang diikuti meliputi, pengambilan formulir untuk skrining pengisian identitas, proses skrining kesehatan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin, penyelesaian administrasi  termasuk pengisian daftar hadir.  Selanjutnya peserta didik akan mendapatkan makanan kecil dan minum serta diminta istirahat beberapa saat.  Jika tidak ada reaksi yang mencurigakan pada tubuh, berikutnya boleh untuk pulang ke rumah.  Kegiatan vaksinasi-2 dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB, waktu selesai agak molor dari perkiraan namun peserta didik yang belum mendapatkan dosis, tetap menunggu dengan sabar hingga tiba pada gilirannya.  Tepat pukul 14.00 WIB vaksinasi-2 selesai.  Semangat semoga tetap sehat semuanya,…aamiin….

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT