A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Bersihkan diri dengan Zakat Fitrah di SMP Negeri 1 Ambal | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

Bersihkan diri dengan Zakat Fitrah di SMP Negeri 1 Ambal

Kamis, 28 April 2022 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 50 Kali

Ambal, 25-28 April 2022 SMP Negeri 1 Ambal melaksanakan pengumpulan dan pembagian zakat fitrah

Salah satu agenda amaliah Ramadhan di SMP Negeri 1 Ambal adalah pengumpulan dan pembagian Zakat Fitrah. Sebagai wujud partisipasi terhadap terselenggaranya zakat fitrah secara optimal, SMP Negeri 1 Ambal memberikan jasa pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah dari siswa kepada pihak-pihak yang berhak menerima zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah ibadah ijtimaiyah, yang artinya ibadah kemasyarakatan. Di mana amalan ini diwajibkan atas seorang muslim tanpa syarat seorang tersebut harus kaya atau memiliki harta berlebih. Zakat ini dibayarkan dalam bentuk uang tunai maupun beras yang harus dilakukan sebelum batas akhir atau sebelum waktu shalat Idul Fitri. Namun apabila zakat dikeluarkan setelah hari raya, hukumnya tidak sah sebagai zakat fitrah, dan dianggap sebagai sedekah.

Sesuai rukun iman yang keempat, seorang Muslim wajib membayar zakat fitrah baik itu laki-laki atau perempuan yang mampu dan hidup di bulan Ramadhan.

Akhmadi, S.Ag menambahkan ketika hidup di bulan Ramadhan seseorang wajib melaksanakan zakat. Baik ketika seseorang meninggal  pada hari ke- 25 ramadhan, dia wajib dizakati karena sudah hidup di bulan Ramadhan. Begitu juga seorang bayi yang lahir di bulan Ramadhan. Walapun di hari terakhir Ramadhan, dia juga wajib untuk melaksanakan zakat.

Tujuan zakat fitrah terdiri dari dua yaitu tujuan untuk diri sendiri dan tujuan untuk orang lain. Untuk diri sendiri tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari segala kekurangan dan hal sia-sia yang terjadi saat berpuasa selama bulan Ramadhan. Zakat juga menjadi sarana untuk membersihkan harta yang kita miliki. Zakat juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT karena bisa menyempurnakan puasa Ramadhan dengan sholat tarawih dan beragam amalan lainnya.

Sedangkan tujuan mengeluarkan zakat untuk orang lain adalah untuk berbuat baik pada orang miskin, dan membantu mencukupi kebutuhan orang yang membutuhkan saat Idul Fitri.

Waktu mengeluarkan zakat fitrah, menurut Imam Syafi'i dapat dikeluarkan pada hari pertama bulan Ramadhan. Tetapi lebih baik jika zakat fitrah dikeluarkan pada dua hari terakhir Ramadhan. Khususnya setelah solat subuh hingga sebelum solat Idul Fitri. Hal ini untuk meminimalisir masyarakat fakir miskin yang tidak mempunyai beras untuk makan di Hari Raya Idul Fitri.

"Para siswa diberi pilihan untuk membayar dalam bentuk uang dan beras. Zakat dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg sedangkan untuk zakat berbentuk uang sebesar Rp.20.000,-", ungkap Akhmadi, S.Ag

"Pembayaran zakat ini sudah dimulai dari hari Senin kemarin(25/4)". Hari Senin (25 April 2022) jadwal untuk kelas IX, Hari Selasa (26 April 2022) untuk kelas VIII dan hari Rabu (27 April 2022) untuk kelas VII.

Zakat yang sudah dikumpulkan akan didistribusikan kepada peserta didik yang fakir miskin di SMP Negeri 1 Ambal, jika masih ada kelebihan akan disalurkan ke warga sekitar SMP Negeri 1 Ambal, pungkas Akhmadi, S.Ag.

  1. TULISAN TERKAIT