A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

VISITASI TIM PENILAI LOMBA SEKOLAH RAMAH ANAK KAB. KEBUMEN TAHUN 2022 DI SMPN 1 AMBAL | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

VISITASI TIM PENILAI LOMBA SEKOLAH RAMAH ANAK KAB. KEBUMEN TAHUN 2022 DI SMPN 1 AMBAL

Kamis, 21 Juli 2022 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 228 Kali

Ambal(18/7)-Hari Senin 18 Juli 2022 menjadi salah satu hari yang berkesan bagi warga SMPN 1 Ambal karena ada visitasi Tim penilai dalam rangka verifikasi lapangan Sekolah Ramah Anak di kabupaten Kebumen tahun 2022.  Visitasi ini digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih obyektif sebagai tindak lanjut dari hasil verifikasi administrasi yang menyatakan bahwa SMPN 1 Ambal menjadi salah satu dari nominasi 6 terbaik Sekolah Ramah Anak (SRA) tahun 2022.   Adapun sekolah lain yang mendapat visitasi yaitu SMPN 1 Kebumen, SMPN 2 Sruweng, MTs N 1 Kebumen, MTs N 3 Kebumen dan MTs N 4 Kebumen.  Di samping sekolah yang menjadi sasaran seleksi ramah anak adalah puskesmas. Sama seperti sekolah, ada 6 puskesmas yang masuk  nominasi terbaik untuk segera dilakukan visitasi lapangan.

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

 

            Rombongan Tim Penilai hadir tepat setelah kegiatan pembiasaan pagi upacara bendera selesai yaitu pukul 08.00 WIB. Tim diketuai oleh ibu Siti Honimah, SE.M dari Bagian Kesra Setda Kebumen dan beranggotakan Bp. Samsu Hidayat, S.Pd, M.Pd (Disdikpora) serta ibu Sri Sugiarti, S.Sos (BPBD).  Tim Penilai selanjutnya dipersilahkan menuju Lab. IPA untuk dilakukan sekedar penyambutan oleh pihak sekolah. 

Acara penyambutan didahului dengan ucapan selamat datang, doa bersama yang dilanjutkan dengan  sambutan-sambutan dari Kepala Sekolah, Komite dan Tim Penilai sendiri. 

Acara juga diselingi dengan pembacaan puisi “Surat Untuk Sekolahku”serta paduan suara “Sekolah Ramah Anak dari OSIS SMPN 1 Ambal. 

Dalam sambutannya, ibu Siti Honimah, SE.M selaku ketua tim penilai menyampaikan pentingnya kegiatan Sekolah Ramah Anak (SRA), karena anak menjadi cikal bakal generasi penerus bangsa.  Keberhasilan dalam mendidik anak menjadi indikator keberhasilan di masa mendatang.  Pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua, melainkan juga negara.  Kesuksesan anak di sekolah dipengaruhi oleh salah satunya yaitu faktor lingkungan sekolah.

Acara penyambutan selesai dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu verifikasi dokumen kegiatan yang berkaitan dengan instrument penilaian dan peninjauan lingkungan. Dokumen kegiatan tersebut seperti kegiatan sosialisasi Tata Tertib Sekolah, kegiatan pananganan kasus agar siswa tidak putus sekolah, esktrakurikuler, sosialisasi tentang hak anak dll.  Adapun lingkungan yang ditinjau antara lain UKS, kantin sekolah, lingkungan kelas, tempat sampah, toilet siswa, got-got/saluran air, sarana ibadah. 

Tidak luput juga dari peninjauan yaitu kelengkapan kesiapsiagaan bencana seperti jalur-jalur evakuasi dan titik kumpul, baner/poster bentuk sosialisasi Gerakan Kesehatan dan Perlindungan Anak seperti Kawasan bebas rokok, Kawasan bebas NAPZA, Bebas Bullying, Langkah mencuci tangan, Langkah membuang sampah.  Cukup banyak dokumen yang diperlukan untuk instrumen penilaian dalam  SRA karena  kegiatan ini berkaitan dengan keamanan, kebersihan, kesehatan, kepedulian, berbudaya lingkungan hidup, jaminan memenuhi menghargai hak-hak anak serta melindungi dari kekerasan, diskriminasi, bullying dan tindakan salah lain.  Lumayan melelahkan dan akhirnya Verifikasi lapangan oleh Tim Penilai SRA selesai  pada pukul 12.45 WIB.  Alhamdulillah, semoga memberikan hasil yang terbaik.

 

**Tim SRA**

  1. TULISAN TERKAIT