A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

SEMANGAT MENYAMBUT TAHUN PEMBELAJARAN BARU SMPN 1 AMBAL LAKSANAKAN BIMTEK IKM DAN REVIEW KTSP/KOSPTAHUN 2023 | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

SEMANGAT MENYAMBUT TAHUN PEMBELAJARAN BARU SMPN 1 AMBAL LAKSANAKAN BIMTEK IKM DAN REVIEW KTSP/KOSPTAHUN 2023

Kamis, 27 Juli 2023 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 441 Kali

IKM 1

            Libur semester genap pembelajaran TP.2022/2023 di SMPN 1 Ambal berlangsung dari Senin 19 Juni hingga Sabtu 15 Juli 2023 dan pada Senin 17 Juli 2023 adalah hari pertama untuk pembelajaran 2023/2024.  Masa libur sekolah seperti ini baik guru maupun siswa dapat memanfaatkannya untuk hal-hal positif yang selama ini belum bisa dilakukan terbentur dengan aktifittas keseharian yang cukup padat.  Melalui kegiatan itu juga diharapkan berdampak menyegarkan lahir dan batin sehingga pada saatnya kembali ke rutinitas di sekolah sudah siap dan semangat.

IKM 2

            Di tengah-tengah masa libur sekolah, SMPN 1 Ambal melaksanakan kegiatan persiapan pembelajaran yaitu Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Review KTSP/KOSP Tahun 2023/2024.  Kegiatan dimulai Hari Sabtu 1 Juli 2023 dengan mengambil tempat di lab.IPA dihadiri oleh tenaga pendidik dan kependidikan beserta stafnya.  Di hari pertama ini setelah acara menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua Komite dan Kepala Sekolah.  Ketua Komite dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka maka pendidik wajib melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi karena hal ini yang menjadi ciri pokoknya, sedangkan dari Kepala Sekolah lebih banyak menyinggung tentang Rapot Pendidikan Sekolah.  Setelah sambutan adalah pemateri utama yang disampaikan Pengawas yaitu Bp. Toto Prabawa, S.Pd, M.Pd dengan mengupas Pembelajaran Berdiferensiasi hingga detail.

            Hari kedua Bimtek IKM dan Review KTSP/KOSP diisi dengan Praktik Baik Sekolah Penggerak dan P5. oleh pemateri Siti Pujiastuti, S.Pd, M.Pd dari Sekolah Penggerak yaitu SMPN 1 Kutowinangun.  Sesi berikutnya di hari kedua dilanjut oleh Bp. Janu Subiyanto, S.Pddengan materi Pembagian Tugas TP. 2023/2024 dan Kalender Pendidikan Sekolah yang dijabarkan dalam penghitungan minggu efektif dan tidak efektif untuk pembelajaran.

“Ada sedikit perbedaan dengan kaldik tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan ujian kelas IX di semester genap bersamaan waktunya dengan tes kelas VII dan VIII.  Tanggal 27 sd 31 Mei 2024 kelas VII dan VIII melaksanakan Asesmen Akhir Semester (AAS) sementara kelas IX menempuh Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) yang diakhiri dengan penerimaan rapot pada 22 Juni 2024,” demikian penjelasan dari Janu Subiyanto, S.Pd selaku Waka Kurikulum.

Masih dalam sesi yang sama, tidak lupa dari Bagian Kependidikan juga ikut andil menyampaikan pembagian tugas yang disampaikan oleh Koordinator Tata Usaha yaitu Bpk. Widanarto. 

            Kegiatan Bimtek IKM dan Review KTSP/KOSP hari ke-3 diisi dengan penyampaian materi dari Standar Pengelolaan yaitu Bpk. Sapto Sugeng Riyanto, S.Pd yang memaparkan rencana programnya.  Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pembahasan materi yang sedikit berbeda sekaligus refresh menambah wawasan bagi peserta kegiatan yaitu sosialisasi dari beberapa biro perjalanan yang bisa menjadi referensi bagi sekolah pada saat mengadakan studiwisata atau sejenisnya.  Pada hari ke-3 ini juga disampaikan penghargaan yaitu kepada PGTS tergiat dalam tugasnya (Bpk. Rajimin, Bpk.Nurrohman, Bpk. Andika, Bpk.Diki dan Bpk.Riski).  Ucapan selamat atas kesuksesan kepada warga sekolah yang memperoleh SK P3K (Bpk. Faqih Fakhrurroji, S.Pd.I, Ibi Evi Rifangatul H., S.Pd, Ibu Fajar Endah, S.Pd, sementara Ibu Winda Wahyu Riskiana, A.Md mendapatkan SK P3K untuk tenaga pustakawan di SMPN Randublatung Blora). Hari terakhir kegiatan yaitu Rabu 5 Juli 2023 secara serempak dilaksanakan MGMP tingkat sekolah di masing-masing rumpun pelajaran dengan materi pembahasan persiapan Tahun Pelajaran 2023/2024.

“Sangat diharapkan bagi warga sekolah baik Tenaga Pendidik maupun Kependidikan dengan dilaksanakannya Bimtek ini semakin memperjelas tupoksi masing-masing yang berdampak  meningkatkan efektifitas kinerjanya,” tegas Dra. Murilah, S.Pd. sebagai Kepala SMPN 1 Ambal di akhir kegiatan.

 

                                                                                               

***********By: Munkhayati**********

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT