A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpn5472/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpn5472/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

GELAR KARYA P5 DAN HUT SEKOLAH HIBUR WARGA SEKITAR SMPN 1 AMBAL | SMP NEGERI 1 AMBAL

SMP NEGERI 1 AMBAL

Jl. Raya Daendelles Ambalresmi

"UNGGUL, BERMUTU, KREATIF, BERAKHLAK MULIA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"

GELAR KARYA P5 DAN HUT SEKOLAH HIBUR WARGA SEKITAR SMPN 1 AMBAL

Kamis, 14 Desember 2023 ~ Oleh Admin SMP Negeri 1 Ambal ~ Dilihat 233 Kali

Kurikulum di sekolah yang diberlakukan saat ini adalah Kurikulum Merdeka.  Salah satu ciri Kurikulum Merdeka ialah memuat kegiatan proyek bagi siswa yang merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih dikenal sebagai P5.  Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok terdiri atas beberapa siswa.  Proyek berkelompok ini  dengan tema yang sudah ditentukan, akan merancang sebuah kegiatan, persiapan, pengerjaan dan pemanenan hasil dalam wujud gelar karya.

            Dalam rangka melaksanakan Gelar Karya P5 yang sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah yang ke-41,  SMPN 1 Ambal barusaja melaksanakannya hari Selasa 5 Desember 2023.  Gelar Karya tersebut diperuntukkan bagi kelas VII bertema Kearifan Lokal berjudul Semarak Cepetan Kebumenku dan kelas VIII tema Kewirausahaan dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar dibuat olahan yang dapat meningkatkan nilai jualnya.  Sesuai jadwal kegiatan P5 dilaksanakan selama dua minggu yang diakhiri dengan Gelar Karya.  Acara ini dikonsentrasikan di perempatan jalan Poerbonegoro - Pelajar Ambalresmi, Ambal.

“Sebagai generasi muda, kami ingin siswa mampu melestarikan kearifan lokal daerahnya sehingga tidak tergerus oleh budaya Barat.  Misalnya Tari Cepetan asli dari Kebumen yang mengandung makna filosofi mendalam sebagai nilai-nilai luhur budaya kita,”demikian dijabarkan oleh Dra. Nunung Sukatmah salah satu anggota dari tim kegiatan ini.

Ditambahkan pula oleh Dra. Murilah, S.Pd, selaku Kepala Sekolah,

“Gelar Karya P5 kali ini yang sekaligus merayakan HUT SMPN 1 Ambal ke-41 sengaja digelar di luar lingkungan sekolah yaitu di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan menunjukkan pada masyarakat  bahwa siswa dapat menggali dan melestarikan potensi lingkungan sebagai sumber pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku.”

            Gelar Karya P5 dimulai pukul 08.00 WIB yang dihadiri beberapa tamu undangan antara lain dari unsur Komite Sekolah, Kecamatan, Polsek, Koramil setempat, Pengawas Disdik Kebumen, serta beberapa tamu undangan dari sekolah di sekitar.  Adapun susunan acara yang dilaksanakan sebagai berikut:  Pra Acara (diisi dengan Tari Gugur Gunung), sambutan-sambutan, Doa, bacaan puisi, dan Semarak Tari Cepetan oleh siswa kelas VII beserta bapak ibu guru secara bersama-sama.

            Kegiatan berlangsung dengan meriah kurang lebih selama 3 jam dan berakhir di pukul 11.00 menit.  Banyak penonton berasal dari masyarakat dan siswa-siswa SD setempat secara beramai-ramai menyaksikan Gelar Karya P5, yang kebetulan mereka sudah selesai melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir (PSAS) Semester Ganjil.

“Aku suka dengan cepetannya karena sambil beli jajan,” demikian komentar lugu dari salah satu siswa SD sambil duduk bersila di pinggir jalan meski cuaca agak panas.

Sedangkan tanggapan lain diungkapkan oleh seorang Guru SD terdekat,

“Bagus…, kami berterimakasih dengan adanya kegiatan ini waktunya pas sekali anak-anak SD sudah tes jadi bisa untuk refreshing sekalian menimba ilmu.”

“SMPN 1 Ambal luar biasa, semoga bisa berlanjut,” ungkap ibu Emi tenaga kesehatan, salah satu penonton dari Puskesmas Ambal 1.

“Seneng, aku jadi bisa nari cepetan terus bisa jajanan juga yang dijual kakak kelas,” ungkap seorang siswa dari kelas VIIE.

            Gelar Karya P5 kelas VII dan VIII sekaligus  HUT SMPN 1 Ambal ke-41 berlangsung sesuai dengan rencana dan  berakhir pada pukul 11.00 WIB.  Aksi ini memang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga karya siswa tidak hanya bisa dinikmati oleh warga sekolah tetapi masyarakat juga.  Terlihat wajah-wajah lelah bercampur gembira terpancar dari warga sekolah SMPN 1 Ambal yang sudah melaksanakan kegiatan dengan lancar. 

Masih dalam rangkaian HUT sekolah ke-41 kegiatan dilanjutkan dengan Karnaval Profil Sekolah, pada Hari Jumat 8 Desember 2023  Tema karnaval perkelas ditentukan oleh panitia dan sudah disesuaikan dengan profil sekolah, yaitu: Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat, Sekolah Ramah Anak, Sekolah Aman Bencana  dan Sekolah Inklusi.  Rute yang ditempuh dari titik kumpul di halaman upacara SMPN 1 Ambal ke utara melewati pasar Tengok hingga masjid Ambalkliwonan.  Kemudian ke arah barat hingga SD Pasarsenen dan ke selatan hingga jalan Daendels dan belok ke timur menuju kembali sekolah.  Alhamdulillah seluruh kegiatan berjalan dengan aman, selamat, dan sukses.

                                                                                                 

***********By: Munkhayati **********

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT